Menteri Teten: UMKM Jangan Hanya Buat Keripik

Menteri Teten: UMKM Jangan Hanya Buat Keripik
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong hasil karya UMKM berbasis inovasi teknologi. Foto: Humas Kemenkop UKM.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah bakal mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk hadirkan berbagai produk yang berkualitas, bahkan mampu mendorong sektor lain.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mendorong UMKM bertransformasi menghadirkan produk-produk berbasis inovasi teknologi guna mendukung sektor pariwisata nasional.

Menurut dia, inovasi tersebut mampu mengubah citra Indonesia sebagai negeri yang menuju modernisasi tanpa meninggalkan budaya.

"Saya setuju UMKM jangan hanya buat keripik, akik dan batik, tapi harus mulai bertransformasi ke produk-produk berbasis teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produknya," katanya dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok, Rabu (3/3).

Teten menuturkan, saat ini teknologi mampu menghubungkan produk dari pelosok ke seluruh dunia.

Transformasi teknologi menjadi jalan penghubung pasar yang lebih besar.

"Oleh karena itu, branding Indonesia yang selama ini dikenal sebagai negara agraris atau yang selalu ditampilkan suku-suku, simbol-simbol tradisional. Sekarang ditampilkan simbol Indonesia yang modern," katanya.

Dia berharap modernisasi pada di pariwisata yang tumbuh beriringan dengan UMKM. Karena, lanjut dia, pariwisata bukan sekedar menjual eksotisme tapi juga harus sudah mulai menghadirkan produk-produk UMKM yang berbasis inovasi teknologi.

Menteri Koperasi dan UKM meminta UMKM juga bisa menghadirkan produk dari inovasi teknologi. Simak selanjutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News