Menteri Yuddy: Cirebon Harus jadi Poros Maritim Nusantara

Menteri Yuddy: Cirebon Harus jadi Poros Maritim Nusantara
Menteri Yuddy: Cirebon Harus jadi Poros Maritim Nusantara

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mendukung pengembangan Pelabuhan Cirebon menjadi poros maritim nusantara.

Pada masa lalu, Cirebon pernah menggapai masa kejayaan di bidang kemaritiman. Hal tersebut menurut Yuddy harus menjadi penyemangat untuk mendorong kemajuan pembangunan kemaritiman di Cirebon sehingga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat, terutama masyarakat pesisir pantai.

"Dampak pembangunan bidang kemaritiman belum dirasakan oleh masyarakat Cirebon. Masih banyak masyarakat pesisir pantai Cirebon yang hidup di bawah garis kemiskinan. Karena itu, Cirebon harus menjadi poros maritim nusantara," kata menteri asal Cirebon ini dalam siaran pers yang diterima JPNN.com, Selasa (6/1) pagi.

Ditambahkannya, Pelabuhan Cirebon harus mengambil peluang dari terbatasnya daya tampung pelabuhan sekitar, seperti Pelabuhan Semarang dan Tanjung Priok yang sudah overload dalam memenuhi tuntutan pertumbuhan ekonomi di sektor kemaritiman serta perhubungan.

"Potensi ekonomi pelabuhan sangatlah besar jika diberdayakan secara optimal, baik dari kegiatan ekspor dan impor maupun dari jalur distribusi nasional, dimana kegiatan distribusi logistik saat ini tidak lagi mengandalkan jalur darat. Belum lagi potensi wisata bahari yang bisa dimanfaatkan dengan adanya pelabuhan yang bertaraf internasional," bebernya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mendukung pengembangan Pelabuhan Cirebon menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News