Menteri Yuddy Kritisi Pelaksanaan Reformasi, Pedes Banget

Menteri Yuddy Kritisi Pelaksanaan Reformasi, Pedes Banget
Yuddy Chrisnandi. Foto: JPNN

jpnn.com - CIREBON--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengkritisi pelaksanaan reformasi yang dilaksanakan di Indonesia sejak berakhirnya pemerintahan Orde Baru.

Menurut Yuddy, reformasi baru sebatas melakukan perombakan yang sifatnya institusional. Reformasi Birokrasi belum menyentuh paradigma, mindset dan budaya birokrasi dalam rangka pembangunan bangsa (nation building).

"Nation building tidak mungkin maju kalau hanya sekadar mengandalkan perombakan institusional tanpa melakukan perombakan culture manusia yang menjalankan sistem ini," kata Yuddy, Senin (28/12).

Menurut Yuddy, sehebat apa pun kelembagaan yang diciptakan selama ditangani oleh manusia yang tidak profesional dalam menjalankan tugasnya tak akan menghasilkan perubahan yang maksimal.

"Birokrasi pada prinsipnya merupakan ujung tombak pelaksana pemerintahan dan kunci keberhasilan dalam pembangunan. Sebab birokrasi secara langsung berhadapan dengan masyarakat, serta merupakan perwujudan dan perpanjangan tangan pemerintah. Karena itu harus direvolusi mentalnya," terang Yuddy. (esy/jpnn)


CIREBON--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengkritisi pelaksanaan reformasi yang dilaksanakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News