Menteri Yuddy: ORI Tolong Bantu Awasi Pelayanan Publik

Menteri Yuddy: ORI Tolong Bantu Awasi Pelayanan Publik
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi minta Ombudsman RI (ORI) ikut mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Salah satunya dalam merespon pengaduan yang ditujukan terhadap penyelenggara pelayanan publik.

"KemenPAN-RB tidak mungkin mengawasi seluruh pelayanan publik di tanah air. Karena itu perlu ada keterlibatan ORI," ujar Yuddy di Jakarta, Rabu (1/6).

Menurut Yuddy, pihaknya telah menetapkan 57 role model, dengan prioritas pelayanan yang menangani hajat hidup orang banyak. Fokusnya pada ke lembagaan, pelayanan publik dan pengawasan. Ada pun wilayah yang menjadi lokomotif ekonomi seperti di Bekasi, Tangerang, Sidoarjo. Kalau bandara, antara lain Ngurah Rai dan Batam.

"Perlu dibangun manajemen pengawasan dari tindak lanjut pengaduan. Bisa dengan warna, misalnya kalau warna merah belum ditangani, warna kuning dalam proses, dan kalau hijau bahwa pengaduan sedang ditangani dan jalan. Untuk itu,  perlu dibangun sistim pengawasan terpadu antara KemenPAN-RB dan ORI," bebernya.  

Sementara itu, Komisioner ORI, Adrianus  Meliala dalam kesempatan yang sama mengatakan, antara KemenPAN-RB dan ORI  harus ada kesepakatan RPP tentang ganti rugi. “ORI  mendesak pemerintah agar segera merampungkan pembahasan RPP ganti rugi,” ujarnya.

Anggota ORI lainnya, Dadan S. Suharmawijaya menambahkan, sejak Februari 2016, pengaduan masyarakat yang masuk ke ORI sekitar 4000 per bulan. Kebanyakan masalah pelayanan publik di bandara. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News