Menurut KPK Inilah Peran Irman

Menurut KPK Inilah Peran Irman
Alexander Marwata. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata akhirnya membeberkan peran Irman Gusman dalam kasus dugaan suap 'jualan rekomendasi' yang kini menjeratnya.

Alexander Marwata mengatakan kasus ini, sebenarnya tidak terkait langsung dengan kuota impor gula dari luar negeri, tapi ini soal pengalihan distribusi dalam negeri.

"Sebetulnya dia itu bukan kuota. Itu kan diambilkan dari kuota untuk Jakarta, diambilkan tiga ribu (ton) supaya dialihkan ke Sumatera Barat," kata Alexander, saat ditanya soal berapa besar kuota yang direkomendasikan Irman untuk perusahaan milik Xaveriandy Sutanto.

Dalam hal ini, Irman lah yang merekomendasikan pengalihan distribusi dengan menghubungi langsung Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti, melalui telepon. Itu sebabnya, KPK ingin mendalami komunikasi Irman dengan Djarot.

"Tidak ada kesepakatan (fee). Hanya merekomendasikan. Akhirnya (bulog) setuju, ya sudah akhirnya dikasih kan, 3000 ton. Kesepakatan berapa rupiahnya ya itu kemarin yang baru didapat Rp 100 juta," tambahnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata akhirnya membeberkan peran Irman Gusman dalam kasus dugaan suap 'jualan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News