JPNN.com

Menyelamatkan Manusia, Merawat Ekonomi

Oleh: Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI)

Rabu, 01 April 2020 – 17:55 WIB Menyelamatkan Manusia, Merawat Ekonomi - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com - Semua daya dan upaya saat ini memang harus berfokus pada penyelamatan bagi siapa saja yang positif terinfeksi Covid-19. Namun, perekonomian tidak boleh lumpuh.

Maka, sepanjang periode pandemi global Virus Corona sekarang, merawat ekonomi juga menjadi pekerjaan sangat strategis untuk memastikan kehidupan hari esok semua orang.

Untuk menyelamatkan dan menyembuhkan semua pasien Covid-19, beban pekerjaan teramat berat harus dipikul para dokter, perawat, petugas medis lainnya hingga komunitas relawan.

Penghargaan setinggi-tingginya layak diberikan atas kesediaan mereka melaksanakan misi kemanusiaan itu. Apalagi, tak jarang nyawa jadi taruhannya.

Sedikitnya sudah lima dokter yang meninggal dunia. Di kalangan perawat pun ada yang meninggal dunia. Ada laporan di Jakarta yang menyebutkan 50 petugas medis sudah terpapar Virus Corona. 

Pada sisi lain, semua pemerintah daerah pun berjibaku mengupayakan cegah-tangkal penyebaran Virus Corona. Sayangnya, di beberapa wilayah atau kota, upaya cegah-tangkal menjadi tidak mudah karena dihadapkan pada minimnya kesadaran warga setempat akan urgensi menjaga jarak dengan orang lain atau social distancing.

Oleh karena itu, tindakan tegas aparatur negara atau daerah membubarkan kumpulan orang sudah benar.

Seperti kecenderungan di dalam negeri, penyebaran Virus Corona (nCoV-19) pada tingkat global pun makin membuat semua orang cemas karena jumlah yang terinfeksi terus bertambah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri