Menyongsong Bulan Bung Karno, Taruna Merah Putih Angkat Isu Terkait Sampah

Menyongsong Bulan Bung Karno, Taruna Merah Putih Angkat Isu Terkait Sampah
Peserta Webinar seri keenam bertematema "Gerakan Bersama Mengatasi Persoalan Sampah" yang digelar DPP Taruna Merah Putih. Foto: Tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih (DPP TMP), Dewan Pimpinan Daerah Taruna Merah Putih (DPD TMP) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Rapel kembali menggelar Webinar seri keenam dengan mengangkat tema "Gerakan Bersama Mengatasi Persoalan Sampah".

Acara ini merupakan rangkaian Peringatan HUT Ke-48 PDI Perjuangan dan menyongsong Bulan Bung Karno, Juni 2021.

Webinar ini menghadirkan Rosa Vivien Ratnawati (Dirjen PLSB Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI) yang diwakili oleh Novrizal Tahar (Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).

Hadir juga Hevearita Gunaryanti Rahayu (Wakil Walikota Semarang), Christopher Nugroho (Business Development Rapel - "pemulung" sampah online), Dody (Pegiat Eco Enzyme - Komunitas Eco Enzyme Bandung, Jawa Barat). Acara ini dipandu oleh Mira Litaay (Sekretaris DPD TMP DKI Jakarta), Senin (31/5).

Ketua DPP PDIP Bidang Keanggotaan dan Organisasi Sukur Nababan saat memberikan sambutan dan membuka webinar ini menegaskan PDI Perjuangan adalah partai yang concern membangun peradaban. Salah satunya adalah dengan merawat bumi, termasuk sungai dan pohon atau hutan, dan dengan mengatasi persoalan sampah.

“Politik hijau PDIP harus diwujudkan dalam praktek keseharian membentuk budaya mencintai bumi. Kita diajarkan oleh PDI Perjuangan, politik itu membangun peradaban, bukan hanya meraih tujuan politik, tetapi politik harus mampu membawa peradaban ke arah yang lebih baik, atau turut serta menjaga dan merawat lingkungan seperti yang sedang dicanangkan oleh PDI Perjuangan," kata Sukur.

Menurut Sukur, Taruna Merah Putih harus dapat membangun karakter dan kaderisasi dengan tugas ideologis membumikan Pancasila

“Harapan saya sebagai ketua DPP partai, Webinar bukan hanya euforia di tataran diskusi, tetapi menjadi perilaku, dipaktikkan dalam hidup berbangsa dan bernegara, tentu perilaku yang harus terus digalakkan adalah menjaga dan merawat lingkungan,” tegas Sukur.

Taruna Merah Putih sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan terus berpartisipasi dan berkontribusi dalam program-program yang dicanangkan oleh PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News