Merah Putih Terbalik, Indonesia Protes Malaysia, Begini Tahapannya...

Merah Putih Terbalik, Indonesia Protes Malaysia, Begini Tahapannya...
Bendera Indonesia (dalam lingkaran merah) pada booklet SEA Games 29th Kuala Lumpur yang terbalik. Foto: Tim Komunikasi Kemenpora

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Menpora Imam Nahrawi kecewa dengan kecerobohan Malaysia yang memasang bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia, terbalik di buku souvenir dalam goodie bag pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Langkah lebih lanjut akan dilakukan sebagai bentuk protes. "Saya terkejut setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik. Kami akan melakukan koordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya," kata Imam kepada awak media usai pembukaan di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) malam.

(Astaga Cerobohnya Malaysia, Bendera Indonesia Dibalik jadi Putih Merah)

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menambahkan, untuk tahap pertama, Chef de Mission Indonesia, Aziz Syamsuddin bisa mengajukan nota permintaan klarifikasi pada Masoc (panitia SEA Games 2017) mengapa hal itu terjadi.

"Jika terungkap faktanya (ada kemungkinan mereka berkilah macam-macam alasan), maka Indonesia melalui KBRI bisa mengajukan nota keberatan. Mulai dari yang soft hingga yang hard tergantung dari tingkat kesalahan mereka. Bagaimana pun juga Malaysia bukan sekali ini jadi tuan rumah event olahraga internasional sehingga harusnya sensitif," katanya.

Gatot juga mengimbau seluruh atlet tetap fokus dengan prestasi dan tidak terganggu dengan provokasi bentuk apa pun. "Biarlah urusan politis itu diselesailan sesuai prosedur pimpinan kontingen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Kami yakin baik Bu Puan (Menko PMK) dan Pak Imam (Menpora) tentu wise dalam menyelesaikannya," tandas Gatot. (dkk/jpnn)


Menpora Imam Nahrawi kecewa dengan kecerobohan Malaysia yang memasang bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia, terbalik di buku souvenir dalam goodie


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News