Merapi Masih Waspada, Pendaki Dilarang Naik

Merapi Masih Waspada, Pendaki Dilarang Naik
Merapi Masih Waspada, Pendaki Dilarang Naik
SLEMAN - Hingga Jumat (22/10), Pemerintah Kabupaten Sleman masih siaga atas segala kemungkinan yang terjadi dari gunung merapi di Kaliurang. Hal itu menyusul aktivitas gunung berapi naik level dari normal ke waspada pada Kamis malam. Hanya saja, Pemkab Sleman belum mengambil langkah menyuruh warga mengungsi, baru sebatas peringatan.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, pemerintah daerah menyiapkan segala macam kemungkinan melihat aktivitas gunung merapi. Apalagi terjadi sekitar 79 gempa vulkanik di kawasan puncak Gunung Merapi. Pantauan Radar Jogja (grup JPNN), terjadi pula gempa guguran sebanyak 15 kali, dengan mengeluarkan asap putih. Puncak merapi sempat diselimuti kabut tebal.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Jogjakarta, Subandrio, mengatakan, status siaga itu dinyatakan pukul 18.00 Wib, Kamis (21/10). Peringatan itu menyusul aktivitas gunung merapi yang kian meningkat.

Pemerintah juga menutup akses ke puncak gunung merapi, termasuk larangan bagi pendaki. "Meningkatnya aktivitas gunung merapi ini berpeluang terjadinya erupsi yang mampu mencapai jarak luncur hingga 15 kilometer," pungkasnya.(gus/jpnn)


SLEMAN - Hingga Jumat (22/10), Pemerintah Kabupaten Sleman masih siaga atas segala kemungkinan yang terjadi dari gunung merapi di Kaliurang. Hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News