Merauke Beli Lagi Pesawat Boeing

Merauke Beli Lagi Pesawat Boeing
Merauke Beli Lagi Pesawat Boeing
MERAUKE -- Sejumlah daerah kreatif dalam menggali sumber pendapatan asli daerah (PAD)-nya. Tidak hanya Pemprov Riau yang terus mengembangkan armada pesawatnya, Pemkab Merauke, Papua, juga kembali menanamkan modalnya di dunia penerbangan. Setelah membeli 2 pesawat jenis boeing 737 seri 300 bernama Kli dan Aoba dan 1 buah pesawat Twin Otter dengan nama Musamus yang saat ini dioperasikan PT Merpati Airlines,  maka pada tahun 2009 ini, Pemkab Merauke kembali membeli satu unit pesawat berbadan lebar jenis boeing 737 seri 300.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke Drs M.Ricky Teurupun, mengungkapkan, pesawat tersebut dibeli dari Belanda dengan harga USD 6,1 juta dan  merupakan pesawat buatan tahun 1990. Pembelian pesawat ini  dilakukan melalui kajian-kajian dan disetujui  oleh 7 Deputi dengan memberikan paraf, setelah itu ditandatangani  oleh Menteri Perhubungan. Kini pesawat tersebut berada di Singapura untuk proses levery masuk ke Indonesia.

"Pengelolaan pesawat ini lebih pada orientasi bisnis, tapi tidak meninggalkan pelayanan kepada masyarakat," tandas  Ricky pada Rapat Pembentukan Panitia Penyambutan Pesawat tersebut, kemarin. Rapat pembentukan panitia penyambutan itu sendiri dipimpin Wakil Bupati Merauke Drs Waryoto, M.Si. 

Ricky, menjelaskan, saat ini proses levery  sedang dilakukan, dan jika bisa diselesaikan oleh pihak Merpati kemarin, maka pesawat sudah bisa masuk ke Jakarta. Selanjutnya, dibutuhkan 10 hari untuk pengecatan pesawat. Disinggung rute yang akan digunakan oleh pesawat ini,  menurut Ricky, pada prinsipnya route   yang disepakati erat kaitannya dengan analisis revenue atau yang menguntungkan. 'Tidak mungkin terbang pada rute-rute yang  merugikan atau kurang penumpang. Tapi diharapkan  tetap bisa masuk Merauke meski itu tidak tiap hari ,' terangnya.

MERAUKE -- Sejumlah daerah kreatif dalam menggali sumber pendapatan asli daerah (PAD)-nya. Tidak hanya Pemprov Riau yang terus mengembangkan armada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News