Merawat Kesehatan Rambut dengan Charcoal

Merawat Kesehatan Rambut dengan Charcoal
Rambut hitam sehat berkilau. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Bagi Anda yang selalu mengikuti perkembangan dunia kesehatan dan kecantikan, tentu tak asing dengan sebuah bahan penyusun yang kini telah banyak ditemukan dalam berbagai produk. 

Namanya charcoal. Salah satu lini produk yang banyak mengintegrasikan bahan charcoal sebagai bintang utamanya adalah produk perawatan rambut.

Namun, apa sesungguhnya bahan charcoal itu dan bagaimana cara kerjanya untuk rambut?

Si hitam yang kaya manfaat

Charcoal merupakan sebutan sederhana yang kerap digunakan untuk activated charcoal, atau arang aktif. Sebenarnya arang aktif ini bukanlah barang baru, dan telah digunakan bahkan sejak berabad-abad silam.

Arang aktif terbuat dari berbagai bahan, seperti arang tulang, kelapa, serbuk gergaji, dan lain-lain. Ia telah diaktifkan melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi. Suhu tinggi ini akan mengubah struktur arang, mengecilkan pori-porinya, dan memperluas permukaannya.

Meski serupa, arang aktif berbeda dari arang bara yang biasa digunakan untuk menghidupkan batu bara. Keduanya memang bisa berasal dari bahan yang sama, tetapi arang bara tidak melewati proses pengaktifan dan justru dapat mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh.

Sejak 150 tahun silam, arang aktif telah banyak digunakan sebagai salah satu terapi untuk pasien yang keracunan. Ini karena arang aktif bekerja menyerap senyawa kimiawi yang tidak seharusnya di dalam tubuh. Kini, kemampuan arang aktif untuk mengikat dan membuang racun banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lainnya, seperti untuk industri makanan serta industi kecantikan. Salah satunya sebagai bahan utama dalam pembuatan produk-produk perawatan rambut.

Charcoal merupakan sebutan sederhana yang kerap digunakan untuk activated charcoal, atau arang aktif.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News