JPNN.com

Mereka Menangis saat Indonesia Raya Dikumandangkan

Minggu, 16 Februari 2020 – 09:08 WIB Mereka Menangis saat Indonesia Raya Dikumandangkan - JPNN.com
Sejumlah WNI dari Wuhan menundukkan kepala, haru, saat dinyatakan sehat dan bisa berkumpul bersama keluarga, usai masa observasi 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau. Foto: Naim/Antara

jpnn.com, NATUNA - Isak tangis, senyum, dan wajah cerita tampak terlihat saat upacara pelepasan WNI yang menyelesaikan masa observasi selama 14 hari di Hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Seorang mahasiswi sebuah universitas di Provinsi Hubei (di luar Kota Wuhan), menundukkan kepalanya.

Sementara teman di sebelahnya sibuk mengelap air mata, dan teman-teman lainnya memamerkan senyum, wajah bahagia.

Sebanyak 238 WNI dari Tiongkok itu akhirnya dapat pulang ke rumah masing-masing setelah dinyatakan bersih dari virus corona yang menurut istilah Organisai Kesehatan Dunia atau WHO disebut dengan COVID-19.

Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan, mereka tampak menunduk, menyanyikannya dengan khusyuk.

Rasa haru bertambah ketika menyanyikan lagu Padamu Negeri. Beberapa orang menghapus air mata, sebelum jatuh di pipi.

Selama beberapa waktu hidup di Tiongkok, mereka tentu saja ada rasa rindu pada Tanah Air. Apalagi kepulangan mereka kali ini sedikit terpaksa, untuk menghindari penularan COVID-19 yang telah membunuh lebih dari 1.000 orang di Tiongkok.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I TNI Laksamana Madya TNI Yudo Margono yang menyerahkan seluruh WNI dari Wuhan itu kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...