Meretas Impian Mobil Hijau

Di Tengah Bayang-Bayang Krisis Energi

Meretas Impian Mobil Hijau
Suasana pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 di JCC Jakarta.
JAKARTA – Industri otomotif kini semakin berkomitmen mewujudkan konsep mobil ramah lingkungan. Perhelatan The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 diharapkan menjadi momentum untuk meretas impian tersebut.

   Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo mengatakan, dalam dua tahun terakhir, industri otomotif memang makin serius memperhatikan aspek lingkungan. ’’Ramah lingkungan menjadi fokus. Tujuannya adalah mewujudkan mobil hijau alias green car,’’ ujarnya.

   Menurut Bambang, setiap sektor industri, apalagi otomotif, memang dituntut peduli dengan isu-isu lingkungan dan krisis energi. ’’Kami tidak ingin otomotif dicap sebagai industri biang polusi. Kami justru ingin menjadi pionir untuk mewujudkan konsep green industry,’’ katanya.

   Untuk itu, IIMS 2008 mengangkat tema Advanced Motoring, Hi-Quality Living. Ketua Penyelenggara IIMS 2008 yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan, tema tersebut merefleksikan komitmen otomotif nasional untuk mengedepankan perkembangan produk yang inovatif dan ramah lingkungan. ’’Kami tidak ingin sekadar jualan mobil. Kami ingin memberi kontribusi lebih,’’ ujarnya.

   Saat ini, teknologi hybrid memang paling realistis untuk dikembangkan secara komersial, dibandingkan teknologi bahan bakar hidrogen yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

    Teknologi ini mengkombinasikan mesin berbahan bakar minyak (petrol engine) yang memiliki keunggulan dalam hal tenaga pacu, dengan mesin berbahan bakar elektrik yang efisien bahan bakar serta tanpa emisi gas buang, namun kurang dalam hal tenaga pacu. Dengan kombinasi tersebut, teknologi hybrid menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performance berkendara bagus.

    Dalam perhelatan IIMS kali ini, paling tidak ada tiga mobil berteknologi hybrid dan satu mobil berteknologi full electric. Toyota menampilkan dua produk hybrid, yakni Toyota Prius dan mobil konsep Toyota FT-HS Hybrid Sport. Selain itu, masih ada kendaraan konsep i-Real.

   Sementara itu, Honda menampilkan Honda Civic Hybrid, sedangkan Mitsubishi menampilkan i-MiEV.

JAKARTA – Industri otomotif kini semakin berkomitmen mewujudkan konsep mobil ramah lingkungan. Perhelatan The 16th Indonesia International

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News