Meriah, Festival Meriam Karbit Sambut Idulfitri

Meriah, Festival Meriam Karbit Sambut Idulfitri
Suasana fertival meriam karbit menyambut Idulfitri 1440 H di kota Pontianak, Kalimantan Barat resmi dimulai, Selasa (4/6) malam. Foto: Ist

jpnn.com, PONTIANAK - Festival Meriam Karbit dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1440 H di Kota Pontianak, resmi dimulai, Selasa (4/6) malam. Total ada 212 meriam karbit yang diikutsertakan dalam festival yang disambut antusias warga Kota Pontianak, itu.

Pembukaan festival dipusatkan di pinggir Sungai Kapuas, tepatnya Gang Hj Mailamah, Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dentuman 212 meriam karbit pun terdengar sahut-sahutan menggetarkan suasana malam Lebaran. Festival yang rutin digelar setiap tahun ini dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sebagai tanda dimulainya festival, jajaran pejabat Forkopimda dan para istri melakukan penyulutan meriam karbit tersebut.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menyatakan pihaknya akan mengupayakan Festival Meriam Karbit masuk dalam Kalender Even Pariwisata Kalbar.

“Kalau terus-menerus digelar secara rutin, mudah-mudahan ini menjadi salah satu ikon Kalbar secara nasional, bahkan internasional,” ungkap Sutarmidji.

Mantan wali kota Pontianak dua periode itu mengatakan, supaya lebih menarik maka festival ini harus didokumentasikan dalam bentuk video promosi untuk disosialisasikan dan dipromosikan melalui media sosial maupun YouTube.

“Narasinya harus dikemas secara menarik, visualnya juga harus bagus, lengkap dengan suara dentuman meriam beserta narasi sejarahnya sehingga orang tertarik berkunjung ke Pontianak,” ungkap Sutarmidji.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan pihaknya ke depan akan mengemas festival meriam karbit lebih meriah lagi dengan meningkatkan anggarannya. Selain itu, juga dengan melibatkan masyarakat sebanyak-banyaknya dan mengundang Kementerian Pariwisata.

Festival Meriam Karbit dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1440 H di Kota Pontianak, resmi dimulai, Selasa (4/6) malam. Total ada 212 meriam karbit yang diikutsertakan dalam festival yang disambut antusias warga Kota Pontianak, itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News