Michael Wattimena Berharap Bukunya Jadi Rujukan Menteri Susi

Michael Wattimena Berharap Bukunya Jadi Rujukan Menteri Susi
Anggota DPR RI asal Maluku Michael Wattimena menyerahkan buku karyanya berjudul "Meretas Ketertinggalan Daerah Kepulauan” kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Foto: Dok. DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Michael Wattimena baru-baru ini melakukan trik jitu dalam rangka mengupayakan kemajuan pembangunan di daerah kepulauan termasuk Maluku daerah asalnya.

Michael yang sering disapa BMW memanfaatkan rapat kerja perdananya dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Komisi IV DPR RI menyerahkan buku karyanya berjudul "Meretes Ketertinggalan Daerah Kepulauan” pada hari Jumat (20/10).

BMW memang sebelumnya duduk sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu rapat bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Kamis 19 Oktober kemarin membagikan bukunya kepada jajaran di Kementrian Kelautan dan Perikanan termasuk kepada Menteri Susi.

Menurut Michael, buku yang terbit pada September 2014 lalu merupakan hasil karyanya dalam rangka akhir masa pengabdiannya pada periode pertama di DPR RI tahun 2009-2014.

Politikus Partai Demokrat dari Dapil Papua Barat ini menuturkan dalam bukunya terdapat beberapa tokoh yang memberikan sambutan antara lain Menteri Pekerjaan Umum waktu itu, Djoko Kirmanto, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal DR. Helmy Faisal. Selain itu, ada juga sambutan dari Wakil Menteri Perindustrian Prof DR Alex Retraubun MSc yang juga putra Maluku.

Michael menyetir sambutan Prof Retrubun yang mengakui bahwa buku dengan judul Meretas Ketertinggalan Daerah Kepulauan itu merupakan bagian dari ikhtiar, refleksi bahkan pergumulan terhadap realitas ketertinggalan daerah kepulauan dalam kawasan timur Indonesia.

“Pak Alex yang juga mantan Dirjen Kelautan, Pesisi dan Pulau-Pulau Kecil bahkan mengatakan bahwa buku saya bisa diibaratkan sebagai Kitab Suci daerah kepulauan,”' ujarnya.

Yang menarik, menurut pak Alex, kata Michael, isu kepulauan selama ini menjadi konsern dari akademisi dan birokrasi, tetapi seorang politisi seperti BMW bisa menuangkannya dalam sebuah buku yang layak di baca.

Anggota DPR RI asal Maluku Michael Wattimena mengupayakan kemajuan pembangunan di daerah kepulauan termasuk Maluku daerah asalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News