JPNN.com

Militer Kerahkan Bantuan ke Kawasan Banjir

Selasa, 04 Januari 2011 – 14:20 WIB Militer Kerahkan Bantuan ke Kawasan Banjir - JPNN.com
MACKAY - Banjir masih merendam sebagian besar wilayah Negara Bagian Queensland sampai kemarin (3/1). Genangan air mulai mengepung Kota Rockhampton di kawasan utara. Karena itu, sebelum kota terisolasi, militer Australia dikerahkan ke sana untuk mendistribusikan bantuan berupa makanan dan obat-obatan.

"Rockhampton menjadi seperti kota di tengah-tengah lautan," kata Perdana Menteri (PM) Queensland Anna Bligh kepada Agence France-Presse. Kemarin, bersama beberapa pejabat negara bagian lainnya, politikus setingkat gubernur (kepala provinsi) itu menerbangi kota berpenduduk 75.000 jiwa tersebut. Karena itu, dia memprioritaskan pengiriman bantuan ke kota tersebut.

Banjir juga memaksa pemerintah setempat menutup bandara regional yang menghubungkan kota-kota penting di Queensland. Jalan raya menuju kawasan selatan dan barat negara bagian itu juga putus. Jalur pendistribusian bantuan yang paling memungkinkan hanyalah lewat udara. "Ukuran wilayah yang terdampak banjir lebih besar daripada Negara Bagian New South Wales. Ini benar-benar buruk," kata Bligh.

Genangan air yang belum juga surut membuat pemerintahan Bligh kewalahan. Terlebih, banjir juga mengisolasi beberapa kota lain seperti Rockhampton. "Yang bisa kami lakukan hanyalah memastikan stok makanan di tempat-tempat penampungan korban banjir tetap ada. Sebab, kami tidak tahu sampai kapan banjir merendam wilayah ini," papar perempuan 50 tahun tersebut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...