Mimpi China Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Mungkinkah Segera Terwujud?

Mimpi China Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Mungkinkah Segera Terwujud?
Seorang suporter China menyaksikan babak penyisihan cabang olahraga sepak bola Asian Games group C antara Suriah melawan China di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/8/2018). INASGOC/Raisan Al Farisi/Sup/18

jpnn.com, JAKARTA - China sangat diuntungkan jika nantinya ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan putaran final Piala Asia 2023.

Pengalaman itu diyakini akan memberi China keahlian yang dibutuhkan, untuk mengejar mimpi Presiden Xi Jinping menjadi tuan rumah piala dunia suatu saat nanti.

Demikian dikemukakan Du Zhaocai dari Asosiasi Sepak Bola China seperti disiarkan Reuters, Jumat (23/10).

Du, yang juga mewakili China di dewan pengambilan keputusan FIFA, memuji potensi warisan menjadi tuan rumah turnamen andalan Konfederasi Sepak Bola Asia tersebut.

"Setelah Piala Asia, kami akan mempunyai 10 stadion sepak bola profesional,  yang semuanya modern dengan teknologi canggih," katanya seperti dikutip Xinhua.

"Kami juga berencana untuk bekerja sama dengan AFC dan FIFA untuk mengembangkan staf kami. Mereka akan menjadi ahli berpengalaman untuk event sepak bola internasional."

"Ini akan menjadi dasar yang kokoh bagi kami untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola tingkat dunia."

China telah lama berusaha mengkaji dampak di putaran final Piala Dunia, karena Presiden Xi yang merupakan penggemar berat sepak bola menyampaikan harapannya agar China dapat menjadi tuan rumah turnamen itu suatu hari nanti.

China punya mimpi besar, menjadi tuan rumah piala dunia. Mimpi itu mungkin saja terwujud setelah sukses melakukan ini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News