Minahasa Produksi 6 Ribu Ton Cengkih

Minahasa Produksi 6 Ribu Ton Cengkih
Cengkih. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - TONDANO – Minahasa diprediksi bisa menghasilkan enam ribu ton cengkih sepanjang 2016. Hal ini ditinjau dari besarnya panen yang sementara berjalan terhitung dari April sampai September.

"Luas lahan cengkih di Minahasa sekira 24.978 hektare. Data 2015 lalu produksi cengkeh saat itu sekitar 4.190 ton. Nah, tahun ini diprediksi akan meningkat hingga bisa mencapai 6.000 ton," terang Kepala Seksi Budidaya Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Minahasa Edwin Kolinug, Kamis (2/6).

Dia menambahkan, faktor cuaca dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas produksi. "Jika cuaca baik produksi panen cengkeh bisa besar," ujar Kolignug. Saat ini, harga emas cokelat ini sekitar Rp100-150 ribu per kilogram.

"Ini masih bisa berubah, apakah akan turun atau naik. Kami juga akan memantau di lapangan kalau-kalau ada permainan harga dari pedagang-pedagang besar," ujar Kaunag.

Mesak Mukuan, salah satu petani berharap kondisi ini tetap membuat harga stabil. "Kami khawatir jika harga cengkih turun, apalagi jika ada permainan harga dari beberapa pengepul," ujarnya. (mp/jos/jpnn)


TONDANO – Minahasa diprediksi bisa menghasilkan enam ribu ton cengkih sepanjang 2016. Hal ini ditinjau dari besarnya panen yang sementara berjalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News