MIND ID Siap Jadi Kunci Hilirisasi Pertambangan

MIND ID Siap Jadi Kunci Hilirisasi Pertambangan
Hasil pertambangan. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menyetop ekspor bauksit pada Juni 2023 mendatang.

Presiden ingin mendorong hilirisasi tambang, terutama untuk komoditi yang tergolong mineral kritis.

Menurut Presiden, hilirisasi akan didukung oleh energi hijau yang relatif aman serta tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Didukung dengan energi hijau, artinya Indonesia mengambil peran aktif pada perwujudan Energi baru terbarukan, energi yang rendah emisi, serta program-program dekarbonisasi lainnya dalam menjalankan operasional bisnisnya.

“Inilah sebenarnya kekuatan besar kita, hilirisasi kemudian didukung dengan energi hijau,” ujar Joko Widodo dalam acara Seminar Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di Ritz Carlton, Jakarta (21/12).

Melihat kondisi ini, Holding Industri Pertambangan di Indonesia, MIND ID bersama dengan pemerintah melalui Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM memiliki peranan besar untuk bisa mewujudkannya dan memaksimalkannya untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan pihaknya kini mendorong seluruh operasional bisnisnya hingga tahap hilirisasi.

MIND ID menjalankan mandat pemerintah sebagai pemain kunci dari hilirisasi yang ada di Indonesia, salah satunya dalam mempercepat ekosistem Electric Vehicle (EV), kendaraan listrik berbasis baterai.

Presiden ingin mendorong hilirisasi tambang, terutama untuk komoditi yang tergolong mineral kritis, seperti ekspor bauksit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News