Minuman Energi Bisa Menjadi Racun

Peneliti: Tak Lebih efektif daripada Secangkir Kopi

Minuman Energi Bisa Menjadi Racun
Minuman Energi Bisa Menjadi Racun
SETIAP hari, otak kita selalu dicuci oleh iklan minuman energi. Entah dengan bahan andalan seperti ginseng atau sejenis bahan guarana, yang dipercaya meningkat kualitas atau kinerja. Namun, berdasarkan penelitian terbaru, ternyata bahan yang berguna dalam minuman itu hanyalah berupa kafein.

Menurut penelitian yang diterbitkan Nutrition Reviews Journal, bahwa kebanyakan minuman energi mengandung bahan-bahan seperti taurin, guarana dan ginseng. Bahan-bahan itu tidak memiliki bukti kuat untuk mendukung klaim iklan yang menyebutkan akan meningkatkan kinerja tubuh.

Para peneliti menyatakan sangat meragukan adanya peningkatan kinerja fisik dan kognitif. Jika ada reaksi, itu dipercaya lantaran adanya dosis kafein

Minuman energi sering mengandung taurin, guarana, ginseng, glucuronolactone, B-vitamin, dan senyawa lainnya. Para peneliti juga beberapa kali meneliti efek dari bahan-bahan energi saja dan/atau dalam kombinasi dengan kafein.

SETIAP hari, otak kita selalu dicuci oleh iklan minuman energi. Entah dengan bahan andalan seperti ginseng atau sejenis bahan guarana, yang dipercaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News