Minuman Ini Bisa Memperlambat Penuaan, Wajib Dicoba!

Minuman Ini Bisa Memperlambat Penuaan, Wajib Dicoba!
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com, JAKARTA - Dari semua perdebatan nutrisi di internet, tidak ada yang cukup kontroversial seperti lebih sehat mana susu skim atau susu murni.

"Susu mungkin merupakan makanan paling kontroversial di negara kita," kata Larry Tucker, PhD, seorang profesor ilmu olahraga di Universitas Brigham Young, seperti dilansir laman MSN, Senin (27/1).

Beberapa penelitian telah mengindikasikan bahwa susu murni lebih baik untuk jantung, meskipun mengandung lebih banyak lemak dan kalori. Penelitian baru Tucker, yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity, mengatakan bahwa minum susu skim sebenarnya bisa memperlambat proses penuaan.

Tim Tucker menganalisis data pada 5.834 asupan susu orang dewasa AS. Hampir setengah dari orang dalam penelitian ini minum susu setiap hari, dan seperempat lainnya mengonsumsinya setidaknya seminggu sekali.

Kurang dari sepertiga mengatakan bahwa mereka minum susu murni, 30 persen lainnya mengatakan mereka minum susu hanya 2 persen, 10 persen mengatakan mereka minum susu 1 persen, dan 17 persen mengatakan mereka minum susu tanpa lemak, dan menurut temuan penelitian, mereka yang minum 2 persen atau susu murni versus susu skim atau 1 persen susu menambahkan 4,5 tahun penuaan biologis.

Tucker mencapai kesimpulan itu dengan menyelidiki hubungan antara asupan susu dan telomere — senyawa di akhir kromosom kita yang memengaruhi usia kita. Seiring bertambahnya usia, telomer mereka semakin pendek.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang minum susu berlemak tinggi, maka akan semakin pendek telomere mereka, yang akan menjelaskan mengapa mereka akan menua lebih cepat.

Tucker juga menemukan bahwa orang-orang yang tidak minum susu sama sekali juga memiliki telomer yang lebih pendek, menunjukkan bahwa beberapa susu benar-benar bermanfaat bagi tubuh Anda. "Jika Anda akan minum susu berlemak tinggi, Anda harus sadar bahwa hal itu bisa diprediksi atau terkait dengan beberapa konsekuensi penting dan mengejutkan betapa kuat perbedaannya," jelas Tucker.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity menyebutkan bahwa minum susu skim sebenarnya bisa memperlambat proses penuaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News