Miom dan Kista Bisa Terjadi Kapan Saja, Kenali Gejala Awalnya 

Miom dan Kista Bisa Terjadi Kapan Saja, Kenali Gejala Awalnya 
dr Muhamad Reza Tiansah, Sp.OG., menjelaskan soal miom dan kista. Foto dok. Siloam Hospitals Mampang

jpnn.com, JAKARTA - Miom dan kista merupakan salah satu masalah reproduksi wanita yang umum terjadi. Keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda.

Miom dan kista terjadi pada wanita dengan usia  produktif. 

Miom adalah jenis tumor nonkanker yang terbentuk di dinding otot rahim, sedangkan kista adalah kantong berisi cairan yang berkembang di dalam ovarium. 

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Siloam Hospitals Mampang, dr Muhamad Reza Tiansah, Sp.OG., mengatakan akan keluhan awal pada miom dan kista antara lain nyeri panggul, kembung, menstruasi berat dengan anemia, Sering buang air kecil dan beberapa lainnya. 

"Namun, nyatanya masih banyak pasien yang tidak merasakan atau mengalami keluhan pada aktivitas sehari-hari," kata dr. Muhamad Reza pada HealthTalk yang disiarkan langsung melalui Instagram Live Siloam Hospitals Mampang, Rabu (26/10).

Dia menyebutkan miom dan kista dapat terjadi kapan saja. Namun, miom rentan terjadi di usia 40 hingga 50 tahunan dan pada kenyataannya tumbuh berkelompok.

Kista yang terbentuk kebanyakan adalah Kista fungsional, berkembang aktif pada wanita yang belum mencapai menopause. 

Miom umumnya bersifat jinak dan sering terkait dengan siklus menstruasi, karenanya banyak yang mengabaikannya.

Miom dan Kista bisa terjadi kapan saja, dr Muhamad Reza Tiansah, Sp.OG., memberikan penjelasan apa saja gejala awal, pencegahan dan pengobatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News