Miris Banget, 60 Persen PNS Hanya Punya Pengetahuan Umum

Miris Banget, 60 Persen PNS Hanya Punya Pengetahuan Umum
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BATAM – Kualitas para pegawai negeri sipil ternyata masih memprihatinkan. Hingga kini, baru 40 persen PNS yang memiliki keahlian.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, sebanyak 60 persen ASN di Indonesia hanya memiliki pengetahuan umum. Sedangkan PNS yang memiliki keahlian sesuai kebutuhan pemerintah hanya 40 persen.

"Gimana struktur mau berubah lebih baik, jika bidang-bidang yang ada tidak disesuaikan dengan keahlian. Contohnya seseorang yang memiliki gelar dokter dijadikan staf di badan kepegawaian," ujar Asman saat berkunjung ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (12/8).

Ke depaN, Asman berharap agar kepala daerah bisa lebih jeli menentukan posisi ASN sesuai kemampuan. ASN juga harus memiliki pemikiran yang berkembang, pintar, cepat serta berPikir inovatif dalam menata pemerintahan. "Kalau tak diubah, bagaimana Indonesia mau maju," imbuh Asman.

Selain itu, mantan Wakil Walikota Batam ini sengaja menyoroti fenomena kepala daerah yang kerap mengganti pejabat di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ketika baru dilantik.

Menurutnya, kebiasaan kepala daerah yang mengganti pejabat SKPD akan dapat mengubah sistem pemerintah yang telah berjalan dengan baik. (she/iil)


BATAM – Kualitas para pegawai negeri sipil ternyata masih memprihatinkan. Hingga kini, baru 40 persen PNS yang memiliki keahlian. Menteri Pendayagunaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News