Misbah Hasan Minta Jokowi Evaluasi Kemampuan Kerja Budi Waseso

Misbah Hasan Minta Jokowi Evaluasi Kemampuan Kerja Budi Waseso
Budi Waseso. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Misbah Hasan meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi kinerja Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas.

Misbah menilai manajemen penyaluran beras Bulog di era Buwas cenderung menurun. "Hal itu harus dibenahi agar tidak merugikan negara dan rakyat Indonesia," katanya, Selasa (9/7).

Misbah mengatakan, Buwas hanya fokus penyerapan ke dalam gudang tetapi tidak bisa mendistribusikannya. "Beras yang sangat banyak dan ada kemungkinan busuk. Kalau dihitung-hitung, ada indikasi kerugian negara karena pembelian Bulog menggunakan anggaran APBN," tuturnnya.

BACA JUGA: DPRD OKUT Minta Buwas Periksa Beras Busuk di Gudang Bulog

Dia juga sepakat dengan rekomendasi Ombudsman yang mengkritisi penumpukan beras di gudang Bulog. Apabila kasus tersebut tidak dibenahi selama tiga tahun ke depan, maka lebih baik Bulog dibubarkan. "Itu rekomendasi Ombudsman," tambah dia.

Oleh karena itu, Misbah mengharapkan Jokowi segera mengevaluasi kinerja Buwas. Apalagi, Buwas belum memiliki inovasi bagus terkait dengan penyerapan pangan ke Bulog. "Mereka juga gagal mendistribusikan dan cenderung merugikan yang negara," kata dia. (tan/jpnn)


Misbah menilai manajemen penyaluran beras Bulog di era Budi Waseso cenderung menurun.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News