Misbakhun Yakini Perekonomian 2016 Lebih Menjanjikan, Ini Analisanya

Misbakhun Yakini Perekonomian 2016 Lebih Menjanjikan, Ini Analisanya
Anggota Komisi XI DPR, M Misbakhun. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR, M Misbakhun menyatakan keyakinannya bahwa perekonomian nasional pada 2016 ini bakal lebih baik ketimbang tahun lalu. Pasalnya, perekonomian Indonesia bakal lebih stabil setelah sempat terimbas pelambatan ekonomi global dan regional.

"Perekonomian Indonesia pada 2016 akan lebih memberikan harapan," ujarnya melalui siaran persnya ke media, Selasa (5/1), guna menanggapi data dari Kementerian Keuangan tentang tentang realisasi atas sejumlah proyeksi dalam APBN Perubahan (APBNP) 2015.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan kementerian yang dipimpin Bambang Brodjonegoro itu, ekonomi Indonesia 2015 hanya tumbuh  4,73 persen atau lebih rendah dari target  5,7 persen yang dipatok dalam APBN Perubahan 2015. Namun, angka inflasi 2015 hanya di angka 3,1 persen atau  lebih rendah dari asumsi inflasi yang digunakan dalam APBNP tahun 2015 sebesar 5,0 persen.

Namun, Misbakhun tetap optimistis bahwa perekonomian Indonesia pada 2016 bakal lebih stabil dan pertumbuhannya bisa mencapai 5-5,5 persen. Pasalnya, ada kondisi yang sangat mendukung untuk membuat perekonomian nasional tumbuh lagi.

Pertama, katanya, dari sisi politik ada konsolidasi pemerintahan. “Konsolidasinya semakin baik pasca-pemilu 2014,” ujarnya.

Sedangkan kondisi kedua ada pada sisi moneter. “Sudah ada kepastian tentang tingkat suku bunga di Amerika Serikat sehingga secara global bisa memberikan ketenangan pada gejolak di pasar uang dan pasar modal. Nilai tukar Rupiah terhadap USD akan lebih bisa dijaga volatilitasnya pada kisaran Rp 13.900 per USD sesuai asumsi dalam APBN 2016,” sambungnya.

Misbakhun menambahkan, optimismenya atas perekonomian 2016 juga tak terlepas dari 2015. Sebab, kondisi ekonomi 2015 yang sempat diprediksikan bakal sangat buruk, ternyata tak seburuk yang diperkirakan.

Menurutnya, dengan pertumbuhan ekonomi 4,7-4,8 persen dengan inflasi hanya 3,35 persen justru menunjukkan bahwa  pertumbuhan ekonomi 2015 setara dengan pertumbuhan sebesar 7 persen. “Karena pertumbuhan yang dicapai 2015  tidak digerus oleh besaran laju inflasi,” ulasnya.

JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR, M Misbakhun menyatakan keyakinannya bahwa perekonomian nasional pada 2016 ini bakal lebih baik ketimbang tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News