Misil AS Tewaskan Pemimpin Taliban

Misil AS Tewaskan Pemimpin Taliban
Misil AS Tewaskan Pemimpin Taliban
DERA ISMAIL KHAN - Serangan misil Amerika Serikat (AS) di perbatasan Pakistan dan Afghanistan pada Jumat lalu (3/10) membangkitkan amarah Taliban. Diduga, kemarahan itu terkait dengan tewasnya salah seorang pemimpin mereka akibat serangan tersebut.

Total, serangan AS di Waziristan Utara itu menelan 24 korban jiwa. Juru Bicara Militer Pakistan Mayor Jenderal Athar Abbas menyatakan, banyak korban yang merupakan militan asing. Namun, pihak militer masih menunggu laporan yang lebih rinci.

Menurut laporan sejumlah informan, kemarahan Taliban tersebut ditunjukkan dengan caci maki yang mereka lontarkan kepada penduduk setempat. Mereka menuduh para penduduk sebagai "komoditas yang bisa dijual". Maksudnya, mereka menuding para penduduk telah menjadi antek pemerintah dengan berperan sebagai mata-mata.

Kemarahan Taliban itu tergolong tidak lazim. Biasanya, mereka tak menanggapi berbagai serangan yang dilancarkan AS. "Taliban tak akan bereaksi seperti itu kalau tak ada pemimpin mereka yang tewas," kata salah seorang sumber.

DERA ISMAIL KHAN - Serangan misil Amerika Serikat (AS) di perbatasan Pakistan dan Afghanistan pada Jumat lalu (3/10) membangkitkan amarah Taliban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News