Misteri di Balik Hilangnya Naomi di Danau Toba

Misteri di Balik Hilangnya Naomi di Danau Toba
Kerumunan warga di lokasi kejadian. Pencarian terhadap Naomi terus dilakukan. Foto: FreddyTobing/Metro Siantar/JPNN.com

jpnn.com - TOBASA  – Pergunjingan di masyarakat berbau irasional mengiringi hilangnya Naomi br Lubis di Pantai Lumban Binanga, perairan Danau Toba, Kecamatan Laguboti, Tobasa, Sumut, pada Minggu (7/8) sekira pukul 14.00 WIB, 

Sebagian masyarakat di sana masih percaya hal-hal gaib di seputar kejadian yang menyedot perhatian warga itu.

Dihimpun di lokasi kejadian, cerita masyarakat sekitar, konon di bibir Pantai Lumban Binanga ada batu berwarna putih yang disebut Batu Nabontar. Di lokasi batu, airnya selalu jernih. 

Lumpur, eceng gondok atau sampah tidak pernah terlihat di situ. Diyakini, pantai tersebut adalah tempat ‘bersemayam’ Boru Hutajulu.

Namun, itu adalah cerita ratusan tahun lalu, yang tidak dikisahkan leluhur secara detail kepada keturunannya. Saat ini pun, tidak ada yang tahu posisi Batu Nabontar secara pasti. 

Namun selalu ada pesan, tidak diperbolehkan berenang terlalu dekat ke batu, dilarang bersikap tidak baik atau berbicara kotor. Selain itu, ada marga yang dilarang masuk lokasi itu.

Hal itu diakui sejumlah orangtua yang ditemui di Lumban Binanga. Mereka mengisahkan, semasa kecilnya, bagi pendatang baru yang berkunjung ke pantai itu selalu ditanyakan marga apa. Jika berkaitan dengan dengan marga dimaksud, langsung dilarang dekat ke lokasi pantai.

“Itu kisah kabar-kabar. Bukan cerita pasti. Saya sendiri tidak berani memastikan cerita itu. Sebab, kami tidak pernah dapat cerita detailnya. Namun, pesan orangtua terdahulu begitu,” tutur warga bermarga Aruan dan tak bersedia menyebutkan marga dimaksud.

TOBASA  – Pergunjingan di masyarakat berbau irasional mengiringi hilangnya Naomi br Lubis di Pantai Lumban Binanga, perairan Danau Toba,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News