Rabu, 23 Januari 2019 – 19:33 WIB

Misteri Lukisan Perempuan Berambut Panjang di Goa Kasah

Senin, 31 Desember 2018 – 00:12 WIB
Misteri Lukisan Perempuan Berambut Panjang di Goa Kasah - JPNN.COM

jpnn.com - Cerita seputar Goa Kasah yang terletak di Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, terus saja melegenda. Terletak di kawasan paling ujung Kerinci bagian Barat, membuat Desa Renah Kasah sering dikatakan terisolir.

IRVA GUSNADI, Kerinci

AKSES jalan menuju Desa Renah Kasah hanya bisa dilalui dengan motor. Meskipun demikian, Desa ini merupakan desa yang menyimpan cerita menarik bersejarah ribuan tahun lalu, dikarenakan adanya Goa Kasah.

Goa Kasah yang menjadi salah satu situs sejarah di Kerinci ini, memang sangat menarik untuk dieksplor. Menurut cerita, Goa Kasah tersebut menjadi tempat tinggal bagi manusia purba yang hidup ribuan tahun lalu.

Terdapat beberapa lukisan dan tulisan di dinding goa, serta kursi batu dan juga kamar dengan batu yang menyerupai tempat tidur. Lokasinya pun cukup sulit dijangkau, menjadi tantangan tersendiri yang cukup seru untuk ditaklukkan.

Namun sangat disayangkan, Goa Kasah yang menyimpan misteri tersebut, karena kurang dikelola dengan baik. Sebab, jalan untuk menuju ke desa Renah Kasah harus melewati rawa sehingga warga harus menggunakan kayu dan papan untuk bisa melintasi rawa dari desa Sungai Sampun menuju Renah Kasah.

Bahkan beberapa akhir-akhir ini, jalan tersebut sempat terendam banjir selam 1 Bulan, menyebabkan warga tidak bisa ke luar.

Setiap pengunjung, diwajibkan untuk terlebih dahulu meminta izin kepada penjaga atau juru kunci goa. Jika ada orang yang datang tanpa seizin juru kunci, dipercaya orang tersebut akan tertimpa musibah. Selain itu, pengunjung pun harus menjaga perilaku serta perkataan selama di dalam goa.

SHARES
TAGS   Goa Kasah Kerinci
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar