Misteri Penyebab Ambruknya Jembatan

Petaka Kabel Putus

Misteri Penyebab Ambruknya Jembatan
Foto: Kaltim Post/JPNN
TENGGARONG–Penyebab tragedi Jembatan Kartanegara di Tenggarong masih tanda tanya. Beberapa kemungkinan merebak. Selama dua hari ini, Kaltim Post menelusuri apa yang silap dari konstruksi Golden Gate-nya Kalimantan itu.

Ini bermula pada Februari 2011 ketika Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mendapat kabar bergesernya jembatan sejauh 15 sentimeter. Di Pendopo Odah Etam --rumah dinas bupati Kukar, perihal tersebut disampaikan tukang listrik Bupati yang sedang memperbaiki lampu pendopo. Tukang listrik itu, menurut keterangan Rita pada Minggu (27/11) dini hari, juga bekerja sebagai pengganti lampu jembatan.

“Saya tahunya begitu,” terang Rita yang masih terlihat lelah karena baru datang dari Jakarta. Bupati yang sedianya menghadiri pernikahan anak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung ke Tenggarong begitu mendengar kabar runtuhnya jembatan.

Ketika memasuki Pekan Nasional Petani Kontak Petani Nelayan Andalan Ke-13 di Tenggarong pada Juni 2011, Bupati meminta kondisi jembatan dicek lagi. Hasilnya mengejutkan. Rangka jembatan sepanjang 710 meter itu (bentang tengah dan pinggir) turun beberapa sentimeter. Kabel penyangga jembatan gantung yang menjadi kekuatan utama konstruksi juga diketahui longgar.

TENGGARONG–Penyebab tragedi Jembatan Kartanegara di Tenggarong masih tanda tanya. Beberapa kemungkinan merebak. Selama dua hari ini, Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News