Misterius, Air Kali Langsur Berwarna Biru

Misterius, Air Kali Langsur Berwarna Biru
Air kali berwarna biru. Foto: Radar Solo

jpnn.com, SUKOHARJO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Jawa Tengah, belum menemukan penyebab perubahan warna air Kali Langsur hijau kebiruan. Meskipun telah dilakukan pengecekan.

"Kan ada banyak penyumbang pencemaran sungai itu. Butuh pengecekan lebih lanjut," kata Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan DLH Sukoharjo Suyatman, Rabu (24/7).

Penyisiran aliran Kali Langsur dilakukan dari Jembatan Ngrukem, Kelurahan Comobongan menuju Dukuh Seyegan, Kelurahan Sukoharjo, dan titik akhir di Dukuh Ngrajan, Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan Sukoharjo.

"Pengecekan awal kami mendatangi kelurahan untuk mencari data ternak warga yang mati. Namun memang tidak ada laporan yang masuk dari ketiga kelurahan tersebut," ungkap dia.

BACA JUGA: Kali Sunter Berubah Warna Menjadi Biru

Sebab itu, Suyatman memastikan air kali bukan disebabkan ternak warga yang mati. "Hasil perbincangan dengan lurah setempat, ternak-ternak yang mati diduga makan obat pembasmi tikus. Saat itu musim panen padi, jadi petani mengobati hama tersebut," kata dia.

"Awal Agustus nanti kami melakukan pemantauan Kali Langsur untuk mengecek tingkat pencemaran air. Dari hulu dan hilir sungai," lanjut Suyatman.

BACA JUGA: Limbah Kosmetik dan Popok Ancaman Kualitas Air di Sungai

Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo belum menemukan penyebab perubahan warna air Kali Langsur, meskipun telah dilakukan pengecekan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News