MK dan Perkumpulan Advokat Bersama Mengawal Konstitusi

MK dan Perkumpulan Advokat Bersama Mengawal Konstitusi
Ketum Ferari Teguh Samudera, Ketua MK Anwar Usman dan Sekjen Ferari Kores Tambunan pada pembukaan Bimtek Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pilkada Serentak 2018 di Bogor, Senin (23/4). Foto: Istimewa

jpnn.com, BOGOR - Mahkamah Konstitusi (MK) dan para advokat yang tergabung dalam organisasi Federasi Advokat Republik Indonesia atau Ferari akan meningkatkan kerja sama di bidang konstitusi. MK dan Ferari akan sama-sama mengawal konstitusi serta melayani kebutuhan masyarakat pencari keadilan.

“Ferari menginginkan agar MK dapat menjadikan Ferari sebagai bagian dari MK dalam menjaga dan mengawal konstitusi untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Ketua Umum Ferari Teguh Samudera saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Serentak tahun 2018 di Hotel Cipayung Asri, Bogor, Senin (23/4) malam.

Acara yang berlangsung hingga Kamis, 26 April 2018 ini dibuka secara resmi oleh Ketua MK Anwar Usman. Selain Teguh, hadir juga Sekjen Ferari Kores Tambunan dan seluruh jajaran DPP Ferari bersama peserta Bimtek diikuti oleh 150 orang.

Ferari, kata Teguh, sangat berkepentingan untuk melakukan kerja sama dengan MK, terutama untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya agar bisa melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya di bidang pelayanan keadilan. 

“Kami berharapa agar MK dapat membuka kesempatan kerja sama dengan Ferari untuk bidang tugas yang lain seperti sosialisasi persoalan Konstitusi, Uji UU terhadap UUD 1945 dan aktivitas lainnya,” katanya melalui keterangan persnya.

Sebagai organisasi advokat, kata Teguh, Ferari didirikan untuk merespons keinginan para advokat agar diwadahi dalam satu ikatan. Menurut dia, ikatan advokat ini khusus untuk para advokat yang peduli dan konsen kepada persoalan kebangsaan, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya asas di dalam aktivitas kemasyarakatan, aktivitas profesi advokat dan di dalam tata kelola negara ini.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Ketua MK Dr. Anwar Usman untuk membuka dan memberikan pembekalan kepada para advokat Ferari dalam Bimtek di tempat yang sangat sederhana ini. Semoga ini awal untuk meningkatkan kerja sama yang berkelanjutan," imbuh dia.

Ketua MK Anwar Usman juga menyampaikan penghargaan kepada para advokat Ferari yang sudah melakukan gebrakan dengan kerja sama menyelenggarakan Bimtek bersama MK. Kerjaama tersebut, kata Anwar, untuk meningkatkan kemampuan teknis para advokat Ferari. 

Ferari menginginkan agar MK dapat menjadikan Ferari sebagai bagian dari MK dalam menjaga dan mengawal konstitusi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News