Mobil Travel Plat Hitam Dirazia

Mobil Travel Plat Hitam Dirazia
Mobil Travel Plat Hitam Dirazia
BANDUNG – Mobil-mobil travel berplat nomor hitam, kembali ditertibkan. Sebanyak 45 mobil travel liar yang beroperasi tidak menggunakan plat kuning diamankan jajaran Polwiltabes Bandung. Penertiban itu telah dilakukan sejak Senin (14/7) hingga Rabu (16/7).

Mobil travel yang kini diamankan di halaman Polwiltabes Bandung di antaranya, City Trans, Baraya, Fortune, Cipaganti, Maju Jaya, Quenn.

Menurut Koordinator Travel Cipaganti area Bandung-Priangan Sendi, selama ini tidak pernah ada penilangan terhadap travel. "Dengan adanya penilangan yang dilakukan pihak Polwiltabes Bandung, sebenarnya menghambat usaha kami, namun kami mengakui telah melakukan kesalahan," katanya.

Menurut Kasatlantas Polwiltabes Bandung AKBP Herukoco, penertiban yang dilakukan selama tiga hari itu dilakukan di berbagai wilayah khususnya semua travel tujuan Bandung-Jakarta. Dilakukan penilangan itu karena adanya keluhan dari para pengguna trayek resmi. “Mereka (sopir, red) mengeluhkan seluruh kendaraan yang berplat hitam menarik penumpang seperti yang dilakukan kendaraan bus dan angkutan resmi lainnya,” katanya.

Jika semua mobil travel ingin beroperasi secara resmi, maka harus membuat izin dari Dinas Perhubungan (Dishub). Mereka yang ditilang melanggar pasal 66 nomor 14 tahun 1992 tentang lalulintas dan angkutan umum.

”Intinya, apabila para pelanggar itu ingin bisa beroperasi resmi, maka harus memenuhi aturan keputusan Menteri no 35 tahun 2003 mengenai izin kendaraan sewa,” katanya.

Meski begitu, semua pemilik mobil travel hanya dilakukan tilang sebatas penertiban, selanjutnya untuk memantau sudah atau belumnya mereka mendaftarkan diri sebagai angkutan resmi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub). (agh)

BANDUNG – Mobil-mobil travel berplat nomor hitam, kembali ditertibkan. Sebanyak 45 mobil travel liar yang beroperasi tidak menggunakan plat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News