Raja Senusantara Hadiri Ngaben Agung

Raja Senusantara Hadiri Ngaben Agung
Meru (menara bade) sudah terpasang jelang upacara ngaben besar di Puri Ubud Bali. Foto: Raka Denny/JP
GIANYAR – Palebon (ngaben) kepala keluarga kerajaan Ubud, Cokorda Agung Suyasa alias Cok Lingsir, hari ini dipastikan menyedot perhatian banyak kalangan. Tidak hanya warga lokal dan turis mancanegara yang diperkirakan datang. Raja-raja senusantara juga menyatakan hadir untuk melayat sekaligus menyaksikan dari dekat prosesi palebon Cok Lingsir yang mangkat 28 Maret lalu.

Radar Bali (Grup JPNN) melaporkan, dari pengalaman palebon sebelumnya, warga yang hadir menyaksikan palebon terbesar dalam sejarah itu dipastikan mencapai ribuan orang. Jalur lalu lintas menuju Ubud akan ditutup sehari atau selama prosesi berlangsung.

Senin (14/7) persiapan palebon sudah rampung 100 persen. Bade atau menara usungan setinggi 28,5 meter dengan berat 11 ton juga sudah selesai dirias. Bade yang dikerjakan tiga bulan itu dilengkapi atap tumpang sembilan.

Pihak Puri Ubud sengaja mengadakan palebon agung tersebut sebagai penghormatan terakhir kepada Cok Suyasa yang telah berjasa menjaga tatanan agama dan budaya di Ubud, Bali, dan luar Bali, di antaranya Jawa Timur.

Selain jenazah Cok Suyasa, yang di-palebon hari ini adalah jenazah Desak Niang Raka dan Cokorda Raka, yang meninggal beberapa tahun lalu. Prosesi palebon akan dimulai sekitar pukul 10.00 Wita. (sur/jpnn/kim)
Berita Selanjutnya:
Bus PON Masuk Jurang

GIANYAR – Palebon (ngaben) kepala keluarga kerajaan Ubud, Cokorda Agung Suyasa alias Cok Lingsir, hari ini dipastikan menyedot perhatian banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News