Rabu, 22 Mei 2019 – 06:33 WIB

Modal Babi

Rabu, 03 April 2019 – 05:00 WIB
Modal Babi  - JPNN.COM

jpnn.com - Aneh. Justru Amerika Serikat yang kini belingsatan dengan modal asing.

Yang bicara pun bukan lagi dari Partai Republik. Justru tokoh Partai Demokrat. Yang sudah begitu pede-nya: akan maju sebagai calon presiden.

Itulah Elizabeth Warren. Politikus kawakan. Yang sudah banyak periode menjadi anggota kongres. Dari dapil di Massachusetts.

Elizabeth akan menggalang lahirnya UU pembatasan modal asing. Khususnya di bidang pertanian. Dan peternakan. Apalagi kalau dia jadi presiden. Menggantikan Donald Trump nanti.

"Sekarang ini," kata Elizabeth, "tanah pertanian yang dikuasai asing sudah sangat besar. Kalau disatukan sudah seluas negara bagian Virginia."

Elizabeth menunjuk tiga perusahaan besar asing. Yang sudah menguasai tanah pertanian Amerika: HW Group dari Tiongkok, Bayer dari Jerman dan JBS SA dari Brazil.

HW Group adalah perusahaan peternakan babi. Terbesar di Tiongkok. Yang sejak dulu sudah dipersoalan. Kini akan diungkit lagi. Dulu tidak berhasil membendungnya. Kini akan diusahakan lagi.

Bayer perusahaan pupuk dan pestisida terbesar di Eropa. Bayer akan lebih merajalela kalau sampai jadi merger dengan Monsanto. Perusahaan bidang pertanian terbesar di  Amerika. "Merger Bayer dan Monsanto harus digagalkan," ujar Elizabeth.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar