Modus Baru Pemberangkatan Calon Haji, WNI Gunakan Paspor Filipina

Modus Baru Pemberangkatan Calon Haji, WNI Gunakan Paspor Filipina
Modus Baru Pemberangkatan Calon Haji, WNI Gunakan Paspor Filipina. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com PAREPARE - Polresta Parepare, Sulawesi Selatan membongkar modus baru yang diduga dipraktikkan PT Batara Maiwa.

Agen perjalanan ibadah haji tersebut diperkirakan memberangkatkan calon jemaah haji (CJH) asal Indonesia melalui Filipina.

Dilansir FAJAR (Jawa Pos Group), ada 62 calon jamaah haji yang direkrut diberangkatkan terlebih dahulu ke Filipina untuk berlibur.

Saat di Filipina, salah satu agen di sana menerbitkan paspor kewarganegaraan Filipina untuk jamaah itu. Selanjutnya, mereka diberangkatkan ke Makkah.

Modus baru ini terbongkar setelah polisi melakukan penggerebekan rumah Hasnawati yang merupakan pemilik PT Batara Maiwa.

Dari penggerebekan tersebut, polisi menyita 62 biodata CJH dalam bentuk buku folio, buku rekening berisi Rp 239 juta, dan fotokopi paspor Filipina yang sudah terbit milik salah seorang calon jamaah.

”Pelaku sudah mengakui modus pemberangkatan itu melalui jalur Filipina. Di sana, para CJH akan berstatus warga Filipina yang berangkat haji. Jadi, dengan jalur ini, para CJH tidak perlu lagi lama-lama antre meski melanggar hukum,” kata Kapolres Parepare, AKBP Alan Gerrit Abast. (fajar/awa/jpnn)


JPNN.com PAREPARE - Polresta Parepare, Sulawesi Selatan membongkar modus baru yang diduga dipraktikkan PT Batara Maiwa. Agen perjalanan ibadah haji


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News