Moeldoko Bisa Jadi Penentu Pada 2024

Moeldoko Bisa Jadi Penentu Pada 2024
Dokumentasi - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto: Humas Kantor Staf Presiden RI.

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Lembaga Riset dan Penelitian Indonesia George Kuahaty menilai KSP Moeldoko adalah salah seorang figur yang dapat menentukan arah dan peta politik Indonesia pada 2024 mendatang.

Hal ini nampak dari beberapa kemunculannya bersama Presiden Joko Widodo maupun secara personal di beberapa event yang bernuansa politik.

“Moeldoko, menjadi pembicaraan pasca-Rakernas ProJo, di Magelang, Jawa Tengah. Kendati masih spekulasi, tetapi sudah banyak pengamat yang membahas soal Moeldoko,” ujar George Kuahaty memberikan keterangan melalui pesan aplikasi WhatsApp kepada media, Minggu (12/6).

Dia mengemukakan, profil Moeldoko menarik untuk dicermati. Berbeda dengan nama bakal capres lain yang sudah biasa menjadi pembahasan. Nama Moeldoko sempat leading di era Pilpres 2019 lalu sebagai cawapres Jokowi. IStilahny 3 M (Mahfud, Moeldoko dan Ma’ruf Amin).

Meski pada akhirnya Joko Widodo beserta partai koalisi pendukung mendapuk Ma’ruf Amin. Terpilihnya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut akibat isu bernuansa agama yang menyerang figuritas Jokowi. Ma’ruf Amin dianggap sebagai peredam tuduhan tersebut.

Lantas George menerangkan hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) Februari lalu yang menyebut nama Moeldoko meraih elektabilitas pada posisi 2,5 persen. Ini artinya, nama Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut masih masuk hitungan.

“Ini artinya, nama Ketua Umum HKTI tersebut masuk hitungan. Menurut LSN, elektabilitas yang diperoleh Moeldoko murni karena hasil dari kemampuan, prestasi dan pengalaman dalam mengelola pemerintahan, tanpa adanya pengaruh atau naungan sosoknya di partai politik. Posisi Moeldoko juga diuntungkan lantaran dia berlatar belakang militer,” terangnya.

Menurut George, selama menjabat KSP Ia selalu merespon isu-isu negatif yang ditujukan kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Koordinator Lembaga Riset dan Penelitian Indonesia George Kuahaty menilai Kepala KSP Moeldoko adalah salah seorang figur yang dapat menentukan pada 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News