Momen HUT ke-76 RI, Jokowi Singgung Diplomasi Vaksin dan Kemandirian Pangan

Momen HUT ke-76 RI, Jokowi Singgung Diplomasi Vaksin dan Kemandirian Pangan
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Sopian/Pool/wpa/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan penting pada momen HUT ke-76 RI, yaitu bergotong royong mewujudkan Indonesia tangguh dan tumbuh.

Jokowi menyebut semasa disrupsi ialah jalan bagi semua elemen bangsa menunjukkan karakter berani berubah dan mengkreasi hal-hal baru demi kemajuan Indonesia.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi yang sempat tertahan pada awal pandemi perlahan mulai tumbuh 7,07 persen dengan tingkat inflasi terkendali pada angka 1,52% (YoY).

Jokowi dalam kutipan pidato Presiden RI di sidang tahunan pada Senin (16/8), menjelaskan bahwa perjalanan bangsa Indonesia telah melalui etape-etape ujian yang berat.

Berbagai perang dan diplomasi dikerahkan semasa resesi atau krisis menjadikan Indonesia secara sosial, politik, dan ekonomi.

"Terimakasih untuk seluruh anak bangsa yang telah menjadi bagian dari warga negara yang aktif dan terus ikut membangun budaya demokrasi," tutur Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta kemudian hadir dalam agenda tahunan di MPR pada 2021. Pasalnya, Jokowi mengenakan pakaian adat suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pakaian adat Baduy ini menyiratkan banyak hal, terlebih mengenai kesederhanaan dalam suasana pandemi dan refleksi diri (muhasabah) atau olah batin (tirakat).

Presiden Jokowi menyampaikan pesan penting mengenai diplomasi vaksin dan kemandirian pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News