Morakot Paksa Sejuta Jiwa Dievakuasi

Morakot Paksa Sejuta Jiwa Dievakuasi
Morakot Paksa Sejuta Jiwa Dievakuasi
BEIJING - Badai Morakot porak-porandakan Tiongkok. Kemarin (9/8), sekitar satu juta penduduk dievakuasi dari wilayah bencana, sehari setelah topan yang diiringi hujan lebat menyapu Taiwan. Bencana tersebut menjadi yang terburuk selama 50 tahun terakhir.

   

Evakuasi dilakukan di sejumlah provinsi di pesisir timur Tiongkok. Lebih dari 490 ribu orang dari Zhejiang dan 480 lainnya dari Fujian. Otoritas Fujian juga memperingatkan 48 ribu kapal yang sedang berlayar agar kembali ke dermaga untuk menghindari terpaan badai.

    

Di Taiwan, 29 orang dilaporkan tewas. Menurut data yang dikeluarkan Pusat Penanggulangan Bencana setempat menyebutkan, seorang wanita tewas saat mobilnya tersapu air bah hingga terperosok ke dalam parit di Wilayah Kaoshiung, Jumat (7/8).

   

Badai Morakot melanda Provinsi Fujian 70 kilometer tenggara Tiongkok, kemarin pagi waktu setempat. Badan Meteorologi Taiwan melaporkan, kecepatan angin tercatat mencapai 108 kilometer per jam. Pergerakan Morakot diperkirakan menuju baratlaut Tiongkok dengan kecepatan rata-rata 11 kilometer per jam.

   

BEIJING - Badai Morakot porak-porandakan Tiongkok. Kemarin (9/8), sekitar satu juta penduduk dievakuasi dari wilayah bencana, sehari setelah topan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News