Pesawat Tabrak Heli, 9 Tewas

Pesawat Tabrak Heli, 9 Tewas
Foto : AP
NEW YORK - Teka-teki masih menyelimuti peristiwa tabrakan antara sebuah pesawat ringan Piper PA-32 Saratoga dengan helikopter American Eurocopter AS350 di atas Sungai Hudson, New York, Sabtu siang waktu setempat (Minggu dini hari WIB). Insiden tersebut menyebabkan sembilan orang tewas.

Debbie Hersman, ketua Badan Keamanan Tranportasi Nasional, mengatakan, timnya yang terdiri dari 10 petugas tidak berharap menemukan kotak hitam karena pesawat kecil memang tidak diwajibkan untuk memilikinya. Namun, dia yakin pihaknya bisa mengungkap penyebab tabrakan di siang hari di tengah cuaca yang cerah itu lewat wawancara dengan traffic controller dan memeriksa data radar dan air traffic control. 

Menurut Hersman, seorang pilot lain dari Liberty Tours, perusahaan pemilik helikopter yang nahas itu, mengaku sudah berusaha memperingatkan pilot helikopter yang tengah bertugas lewat radio.

"Ada pesawat di belakangmu," begitu isi peringatan dari plilot yang sedang tidak bertugas itu, seperti ditirukan Hersman. Tapi, tak ada respons. "Setelah itu si pilot yang di darat tadi melihat sayap kanan pesawat menabrak helikopter dan keduanya kemudian jatuh ke Sungai Hudson," lanjut Hersman, seperti dikutip Associated Press.

NEW YORK - Teka-teki masih menyelimuti peristiwa tabrakan antara sebuah pesawat ringan Piper PA-32 Saratoga dengan helikopter American Eurocopter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News