MPR: Mental Feodalisme Dianggap Penyebab Korupsi

MPR: Mental Feodalisme Dianggap Penyebab Korupsi
MPR: Mental Feodalisme Dianggap Penyebab Korupsi
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR), Hajriyanto Y Thohari mengatakan, ada dua penyebab utama korupsi itu subur di Indonesia. Kedua faktor tersebut adalah mental feodalisme dikalangan elit serta masyarakat, kedua dinasti di kalangan elit partai politik dan pemerintahan.

"Feodalisme dan dinasti itu penyebab utama korupsi," kata Hajriyanto Y Thohari, dalam Dialog Pilar Negara bertema "Mengatasi Apatisme Publik Terhadap Partai Politik", di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (27/5).

Contohnya, gaji pejabat tidak besar, tapi untuk menjaga feodalisme dia berikan sesuatu ke orang yang di luar penghasilannya. "Sebaliknya, masyarakat akan lebih menghargai siapa saja yang memberi secara kongrit," ujar politisi Partai Golkar itu.

Menurut Hajriyanto, mencermati perkembangan partai politik dengan semua tingkahnya saat ini akan semakin jadi kenyataan apa yang selama ini jadi ketakutan tokoh Proklamator Muhammad Hatta.

JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR), Hajriyanto Y Thohari mengatakan, ada dua penyebab utama korupsi itu subur di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News