MPR: Praktek Korupsi Turut Warnai Trias Politika

MPR: Praktek Korupsi Turut Warnai Trias Politika
MPR: Praktek Korupsi Turut Warnai Trias Politika
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hajriyanto Thohari mengatakan paham trias politika tidak hanya berlaku dalam sistem pendelegasian wewenang di negara-negara demokrasi. Praktek korupsi menurut Hajriyanto, juga mewarnai trias politika.

"Korupsi telah mewarnai eksekutif, legislatif dan yudikatif. Bahkan melalui perpanjangan tangannya, partai politik pun melakukan korupsi," kata Hajriyanto Thohari, dalam acara Dialog Pilar Negara bertema 'Penyelenggara Negara yang Bebas dan Bersih', di ruang Representasi dan Perpusatakaan MPR, gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (7/5).

Ditegaskannya, proses pembeliaan korupsi berjalan sangat baik sama halnya dengan pengkaderan organisasi teroris. "Ibarat patah tumbuh hilang berganti, esa hilang dua terbilang."

Fenomena korupsi saat ini, lanjut Hajriyanto, sekaligus mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang salah dari budaya bangsa dewasa ini. Kepekaan sosial dikalahkan oleh kepekaan solidaritas.

JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hajriyanto Thohari mengatakan paham trias politika tidak hanya berlaku dalam sistem pendelegasian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News