MPR RI Berikan Penghargaan Kepada Prajurit TNI

MPR RI Berikan Penghargaan Kepada Prajurit TNI
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere, Provinsi NTT. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan kepada dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT).

Kedua prajurit yakni Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera, dinilai telah melakukan tindakan mulia melampaui tugas dan tanggung jawab yang diembannya sebagai prajurit. Mereka menggunakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) serta tabungan pribadinya sebagai prajurit secara sukarela untuk memberikan sembako kepada masyarakat pesisir di wilayah Flores Timur yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Pada hakikatnya, tindakan mereka berdua merupakan wujud nyata semangat gotong royong sebagai sari pati Pancasila. Kebaikan serta ketulusan yang mereka ditunjukkan memberi makna yang begitu lekat di hati sanubari masyarakat yang menerimanya dan juga masyarakat Indonesia pada umumnya,” ujar Bamsoet saat memberikan penghargaan MPR RI kepada Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Jumat (5/6/20).

Turut hadir Wakil Ketua MPR RI antara lain Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Arsul Sani, Zulkifli Hasan, Fadel Muhammad dan Hidayat Nur Wahid, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bambang Kristiono.

Mantan Ketua DPR RI ini juga memberikan penghargaan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang berhasil membina prajurit bermental patriot sejati, seperti yang telah ditunjukkan Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera.

Dirinya menilai, tindakan dua prajurit TNI tersebut tidak saja wujud aktualisasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI. Tetapi juga wujud nyata dari nilai-nilai kebangsaan yang selama ini senantiasa disuarakan MPR melalui program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

“Di luar sana masih banyak lagi prajurit-prajurit TNI tangguh seperti Serka MES Mohammad Sangidun dan Kopda BAH Damianus Luka Hera. Oleh karena itu, penghargaan yang diberikan MPR RI kepada mereka berdua sekaligus merupakan bagian dari penghargaan simbolik MPR RI kepada para prajurit TNI lainnya, yang telah ikhlas berbuat sesuatu melebihi tanggung jawabnya sebagai prajurit. Khususnya, dalam melawan pandemi Covid-19," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengingatkan bahwa salah satu cerminan jiwa patriot prajurit TNI adalah setia dengan negara Pancasila, dimana tertutup ruang bagi ideologi lain yang dapat merongrong jati diri bangsa seperti paham komunisme. Larangan bagi komunisme, secara jelas dan tegas tercantum dalam TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan kepada dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News