MPR Tetapkan Komposisi Fraksi, DPD Menyusul

MPR Tetapkan Komposisi Fraksi, DPD Menyusul
Ketua MPR Sementara Abdul Wajhab Dalimunthe bersama Wakilnya Hillary Brigitta Lasut, saat mempin sidang paripurna, Rabu (2/10). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sidang Paripurna MPR menetapkan susunan fraksi-fraksi di lembaga penjaga Empat Pilar Kebangsaan itu. Sementara untuk agenda penetapan pimpinan definitif masih ditunda karena kelompok DPD belum siap mengusulkan nama.

Sidang Paripurna MPR yang dipimpin pimpinan sementara Abdul Wahab Dalimunthe (anggota tertua) dan Hillary Brigitta Lasut itu diwarnai interupsi sejak awal. Terutama soal agenda pemilihan pimpinan karena DPD belum mengusulkan satu nama.

Pimpinan sidang kemudian menawarkan kepada peserta untuk membaca dan menetapkan komposisi susunan fraksi di MPR. PDI Perjuangan lewat juru bicaranya TB Hasanuddin menyatakan bahwa ketua Fraksi PDIP MPR adalah Ahmad Basarah. Sementara sekretaris Fraksi PDIP di MPR adalah TB Hasanuddin.

Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR adalah Zainudin Amali, dan sekretarisnya Idris Laena. Ketua Fraksi PKB adalah Jazilul Fawaid, Sekretaris Marhamah.

Ketua Fraksi Partai Nasdem MPR Johnny Gerard Plate, Sekretaris Syarif Abdullah Alkadrie. Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR Riza Patria, Sekretaris El Nino.

Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR Guntur Sasono. Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring, Sekretaris Johan Rosihan.

Ketua Fraksi PAN MPR Alimin, Sekretaris Saleh Partonan Daulay. Ketua Fraksi PPP MPR Arwani Thomafi, Wakil Ketua Saifullah Tamliha. Sementara, DPD masih akan rapat untuk memilih komposisi fraksi di MPR.

Dalam sidang, salah satu anggota DPD sudah sempat membacakan susunan ketua dan sekretaris, tetapi kemudian diinterupsi sendiri oleh senator lain. Alasannya, DPD belum pernah membahas dan memutuskan nama untuk duduk mewakili senator.

Sidang Paripurna MPR menetapkan susunan fraksi-fraksi di lembaga penjaga Empat Pilar Kebangsaan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News