Mudik Lebaran Diperkirakan Meningkat

Mudik Lebaran Diperkirakan Meningkat
Mudik Lebaran Diperkirakan Meningkat
JAKARTA—Menurunnya daya beli masyarakat imbas naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pada Mei lalu, bukan berarti menyurutkan minat pemudik. Malah diperkirakan jumlah pemudik pada musim Lebaran 2008 akan mengalami peningkatan sebesar 6,14 persen.

Departemen Perhubungan (Dephub) memprediksikan peningkatan signifikan akan terlihat pada pemudik yang menggunakan kendaraan umum, di mana grafis kenaikannya akan mencapai 15,8 juta orang. Untuk mengantisipasi melonjaknya arus mudik tahun ini, menurut Dirjen Perhubungan Darat Dephub Iskandar Abubakar, pihaknya akan bekerja sama dengan Polri khusus mengatur pemudik yang menggunakan sepeda motor dan bajaj.

"Banyak pemudik yang memilih naik motor karena kehabisan tiket atau karena harga tiketnya melonjak tajam," ujar Iskandar di Jakarta, Sabtu (30/8).

Lebih lanjut dikatakan, sekitar 15,8 juta penumpang kendaraan umum, sekitar 1,88 juta menggunakan angkutan udara, 6,92 juta memilih angkutan darat, 2,99 juta pengguna kereta api, 1,01 juta pengguna angkutan laut, dan 2,96 juta memilih angkutan penyeberangan laut.

JAKARTA—Menurunnya daya beli masyarakat imbas naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pada Mei lalu, bukan berarti menyurutkan minat pemudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News