Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Jangan Lupa Lakukan Ini, Penting!

Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Jangan Lupa Lakukan Ini, Penting!
Arus mudik dengan kendaraan pribadi dan umum. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perjalanan mudik Lebaran merupakan sebuah pengalaman yang unik dan sangat khas di Indonesia, terutama yang memanfaatkan jalur darat.

Agar tetap nyaman saat kumpul bersama keluarga, tentu perlu ada persiapan yang matang sebelum berangkat baik kondisi tubuh maupun kondisi kendaraan yang digunakan. 

Perkiraan pada potensi beban di kendaraan, khususnya mesin jelas akan meningkat drastis ketika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Ditambah lagi jarak dan ragam karakter jalur yang berbeda dari rute komuter harian.

Oleh karena itu, memastikan performa mesin tetap optimal merupakan hal penting.

Hal itu bisa dipersiapkan dengan servis pada kendaraan sebelum masa keberangkatan mudik. Ganti oli mesin termasuk yang perlu dilakukan juga.

Menurut VP of B2C PT Pana Oil Indonesia, Pudjijarto, tujuan ganti oli sebelum perjalanan dapat menjaga performa mesin agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

Sementara itu, untuk penggantian oli sebaiknya tetap mengacu pada jarak tempuh yang direkomendasikan pabrikan kendaraan.

Menurut VP of B2C PT Pana Oil Indonesia, Pudjijarto, tujuan ganti oli sebelum mudik pakai kendaraan pribadi dapat menjaga performa mesin tetap optimal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News