Muhaimin Ingatkan Jangan Mudah Terbujuk

Ajakan Mencari Kerja ke Kota Tak Sesuai Fakta

Muhaimin Ingatkan Jangan Mudah Terbujuk
Muhaimin Ingatkan Jangan Mudah Terbujuk

JAKARTA -
Pemerintah mengimbau warga yang tinggal di daerah tidak terpengaruh ajakan urbanisasi ke kota-kota besar. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyatakan, alasan utama urbanisasi untuk mendapatkan pekerjaan cenderung tidak seusai dengan fakta. Ancaman menjadi pengangguran di ibukota lebih besar bagi pelaku urbanisasi yang berangkat ke kota tanpa modal keterampilan yang memadai "Kesempatan kerja di kota tidak semudah yang dibayangkan," ujar Muhaimin .

      

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berpesan agar pekerja yang sedang mudik menghabiskan uangnya di kampung halaman. Dengan demikian, selain berbagi kebahagiaan dengan keluarga, itu juga bisa memutar roda perekonomian daerah dengan kegiatan jual beli. Namun, kata dia, bukan berarti mereka bisa mengajak sanak familinya mencoba peruntungan di kota dan meninggalkan desa. "Lebih baik berkarya di desa dan memaksimalkan entrepreneur atau wirausaha," kata dia.

      

Pemerintah sendiri memiliki program untuk mengurangi pengangguran di Indonesia baik di desa maupun di kota secara bertahap. Menurut Muhaimin, pihaknya menargetkan sekitar 2,4 juta tenaga kerja terserap setiap tahun. "Harapannya untuk mengejar target 10,7 juta tenaga kerja terserap di 2014," kata Muhaimin.

      

"Hal itu dapat tercapai dengan pertumbuhan ekonomi serta pelaksanaan program-program di bidang ketenagakerjaan yang kami susun," kata dia.

JAKARTA - Pemerintah mengimbau warga yang tinggal di daerah tidak terpengaruh ajakan urbanisasi ke kota-kota besar. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News