MUI Sebut Konflik Irjen Napoleon dan Muhammad Kece Pelajaran, Kok, Bisa?

MUI Sebut Konflik Irjen Napoleon dan Muhammad Kece Pelajaran, Kok, Bisa?
Kosman bin Suned yang mengaku sebagai Muhammad Kece. Ilustrasi Foto: YouTube/MuhammadKece

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Waketum MUI) Anwar Abbas menilai penganiayaan yang diduga dilakukan Irjen Napoleon Bonaparte terhadap Muhammad Kece merupakan pelajaran berharga.

Menurutnya, itu pelajaran agar semua pihak harus menahan diri untuk tidak melakukan pelecehan terhadap agama.

"Karena kita tahu Napoleon Bonaparte itu bukan orang sembarangan dan bukan orang yang tidak mengerti hukum, tetapi malah sangat-sangat mengerti, bahkan beliau adalah salah seorang penegak hukum," kata dia kepada JPNN.com, Senin (20/9).

Pria yang akrab disapa Buya Anwar itu menilai seorang Napoleon Bonaparte saja ketika agama disinggung dan direndahkan menjadi emosional.

Oleh karena itu, tambah dia, dari peristiwa ini, semua pihak hendaknya dapat mengambil pelajaran  di mana setinggi dan sehebat apa pun jabatan orang  tentang hukum, tetapi kalau agama dan keyakinannya diganggu, maka yang akan berbicara adalah keimanannya.

"Karena keimanannya diganggu dan diremehkan apalagi setelah melihat sikap si pelaku yang mencla-mencle dan tidak mau mengakui kesalahannya, bahkan terkesan arogan, serta memang punya niat tidak baik, maka Napoleon pun bertindak dengan menghajar yang bersangkutan," kata dia.

Buya Anwar menyatakan Napoleon juga mengaku sadar  tindakannya itu menyalahi hukum. Jenderal polisi bintang  dia itu pun mengatakan siap untuk menanggung risikonya.

"Dari peristiwa ini, ke depan kita harus benar-benar bisa menyadari bahwa masalah agama itu sangat sensitif. Untuk itu, kita mengharapkan negara dan para penegak hukum hendaknya benar-benar cepat tanggap bila ada masalah-masalah yang menyangkut pelecehan terhadap agama," jelas dia.

Menurut dia, hal itu sangat penting dilakukan. Anwar menilai apabila penegak hukum atau negara tidak menjaga isu tersebut, maka perpecahan anak bangsa sebagai konsekuensinya.

"Ini penting dilakukan dan untuk menjadi perhatian kita semua agar persatuan dan kesatuan kita sebagai warga bangsa tidak rusak dan dirusak oleh sikap dan  perbuatan dari orang atau segelintir orang," kata dia. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Waketum MUI menyebut konflik antara Irjen Napoleon Bonaparte terhadap Muhammad Kece sebagai pelajaran berharga.


Redaktur : Natalia
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News