Muka Air Laut Jakarta Meninggi

Muka Air Laut Jakarta Meninggi
Muka Air Laut Jakarta Meninggi
KETINGGIAN permukaan air laut Jakarta meninggi. Sore kemarin, permukaan air laut di pesisir Jakarta mencapai 2,18 meter. Naiknya permukaan air laut itu berpengaruh pada ketinggian muka air di Pintu Pasar Ikan. Pada pukul 15.00 kemarin, ketinggian permukaan air di pintu air Pasar Ikan mencapai 199 cm.

Ketinggian itu diperkirakan akan meningkat mengingat kecenderungan peningkatan muka air laut terus berjalan. "Ketinggian di Pintu Air Pasar Ikan masih masuk kategori Siaga III. Belum menyebabkan rob," terang Kepala Bidang Tata Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Tarjuki.

Menurutnya, ketinggian muka air baru akan menyebabkan rob jika sudah mencapai 250 cm. Selama ketinggian muka air masih di bawah angka itu, rob belum akan terjadi. Namun, Tarjuki menegaskan, pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan terburuk jika tiba-tiba permukaan air meingkat tajam.

Di kawasan Jakarta Utara, kawasan kritis yang langganan terkena rob adalah Pelabuhan ikan Muara Baru, Muara Angke, Komplek Dewa ruci, Tanah Merdeka, Kampung Nelayan Singai Tirem, Komplek Dewa Kembar dan ruas Jalan R.E Martadinata. "Kami menyiagakan pompa air mobile di kawasan-kawasan rawan genangan. Jika sewaktu-waktu terjadi genangan, pompa-pompa tersebut akan dikerahkan," sambung Tarjuki.

KETINGGIAN permukaan air laut Jakarta meninggi. Sore kemarin, permukaan air laut di pesisir Jakarta mencapai 2,18 meter. Naiknya permukaan air laut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News