Mulai Besok, Polda Riau Gelar Operasi KLK 2023, Pelanggaran Ini Bakal Ditindak

Mulai Besok, Polda Riau Gelar Operasi KLK 2023, Pelanggaran Ini Bakal Ditindak
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal saat memasangkan helm gratis yang diberikan kepada pengendara di Pekanbaru. Foto:Dokumentasi Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Personel Polda Riau dan jajaran bakal menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning atau KLK 2023 mulai besok, Selasa (7/2) hingga 20 Februari mendatang.

Operasi KLK 2023 mengedepankan fungsi lalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat berlalu lintas.

Operasi itu bertujuan menekan angka pelanggaran oleh pengguna jalan serta mencegah kecelakaan lalu lintas.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan dalam operasi itu pihaknya akan mengedepankan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum secara humanis dan persuasif.

"Mari wujudkan budaya tertib berlalu lintas, guna terciptanya Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah 2023 ini," kata Irjen Iqbal kepada JPNN.com Senin (6/2).

Adapun sasaran petugas saat melaksanakan operasi KLK 2023 adalah pelanggaran kasatmata dan berpotensi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Pelanggaran dimaksud di antaranya tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus lalu lintas, menggunakan Knalpot brong, hingga berboncengan lebih dari satu.

Kemudian, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, berkendara di bawah pengaruh alkohol, dan menggunakan handphone saat mengendara.

Polda Riau dan jajaran menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning atau KLK 2023 mulai besok, Selasa (7/2/2023). Pelanggaran ini bakal ditindak polisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News