Mulai Bulan Depan, Polda Metro Jaya Uji Coba Sistem e-Tilang

Mulai Bulan Depan, Polda Metro Jaya Uji Coba Sistem e-Tilang
Ilustrasi tilang. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal segera menerapkan sistem tilang elektronik (e-Tilang) demi meningkatkan pelayanan terhadap publik.

Untuk itu, mulai Oktober nanti uji coba e-Tilang bakal dilakukan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, sejauh ini masih ada kendala dalam penerapan sistem tersebut di Jakarta.

Kendalanya ada pada peradilan pidana bagi pengendara yang melanggar.

"Masalah sistem peradilan pidana saja. Kira-kira subjek hukumnya itu bagaimana, bisa enggak ditindak?," ujar Yusuf saat dikonfirmasi, Jumat (14/9).

Namun, untuk mengatasi hal tersebut, Yusuf mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Dia yakin, satu atau dua kendala yang ada bisa diperbaiki saat pelaksanaan.

"Pada prinsipnya stakeholder yang berkaitan dengan masalah sistem peradilan pidana atau penegakan hukum, semuanya mendukung. Jadi, tidak perlu lama-lama lagi, kalau hanya ada beberapa satu, dua poin yang masih dalam kategori koordinasikan. Ini dilaksanakan sambil jalan," paparnya.

Rencananya, kata Yusuf, uji coba penerapan e-Tilang akan diberlakukan Oktober ini secara bertahap. Adapun lokasinya ada di Jalan Sudirman-MH Thamrin. (cuy/jpnn)


Pada prinsipnya stakeholder yang berkaitan dengan masalah sistem peradilan pidana atau penegakan hukum, semuanya mendukung.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News